You cannot copy content of this page

Cobek Alat Penghalus Bumbu Dapur Dan Tips Memilih Serta Cara Merawatnya

Cobek Alat Penghalus Bumbu Dapur – Cobek dan ulekan, seperti layaknya sepasang kekasih yah hmmmm karena disetiap saat pasti saling membutuhkan. Jika tidak ada cobek pasti rindulah si ulekan begitupun sebaliknya, jika tidak ada ulekan pasti rindu pula si cobek, ngomong apa sih hehehe.

Balik lagi ke topik utama, berbicara tentang cobek dan ulekan. Alat tradisional jenis ini digunakan untuk menghaluskan bahan dan bumbu masakan tertentu. Sebagian masyarakat tentu tahu dan banyak juga yang punya alat jenis ini di setiap dapur tercinta mereka. Karena sebagian orang juga berkata resep masakan yang menggunakan alat tradisional ini jauh lebih nikmat dan rasanya lebih mantap dibandingkan menggunakan alat dapur modern.

Macam-macam jenis cobek

Kalau saya sendiri sih biasanya di rumah menggunakan cobek dan ulekan untuk membuat Aneka Sambal. Setelah sambal jadi, saya langsung menaruh nasi hangat diatas sambal yang menggunakan cobek dan ditambah lauk tanpa menggunakan piring, karena bagi saya itu suatu sajian dan kenikmatan yang luar biasa hehehe, apalagi ditambah dengan lalapan beuuuhhh!!! Mertua lewat diem aja, apa sih hahaha. Baca juga tentang Alat Dapur Bagi Pemula.

Loading...

Berbicara tentang cobek dan ulekan, ternyata ada beberapa macam jenis cobek. Ukurannya pun ada yang kecil, sedang dan ada juga yang ukuran jumbo dan dari bahan yang berbeda-beda. Diantarannya;

Cobek Batu

Cobek Batu

Cobek Tanah Liat

Cobek Tanah Liat

Cobek Kayu

Cobek Kayu
Dari berbagai macam jenis cobek diatas masih banyak cobek dengan berbahan dasar yang lainnya, kalau saya sendiri punya dua jenis cobek yaitu terbuat dari batu yang digunakan untuk menghaluskan bumbu dan cobek tanah liat yang biasa digunakan untuk menyantap sambal:).

Tips memilih cobek yang berkualitas:

  1. Telitilah pada kualitas bahan dasar cobek yang digunakan.
  2. Pilihlah jenis cobek dengan berbahan dasar batu, karena lebih awet untuk penggunaan jangka panjang serta lebih kuat dibandingankan dengan cobek berbahan dasar lainnya dan juga menurut saya lebih gampang dan cepat pada saat proses penghalusan.
  3. Pilihlah cobek dan ulekan dengan bobot yang lebih berat.

Untuk merawat sebuah alat dapur pastinya harus benar dan harus selalu tetap terjaga kehigienisannya. Sama halnya dengan cobek dan ulekan ini, yang merupakan alat untuk menghancurkan bahan makanan secara alami.

Cara merawat cobek dan ulekan supaya awet

  1. Pada saat pertama kali memakai atau menggunakan cobek dan ulekan, rendamlah semalaman terlebih dahulu, kemudian cuci menggunakan air bersih yang mengalir.
  2. Gunakan beras secukupnya, pastikan cobek dan ulekan dalam keadaan kering, kemudian ulek beras sampai berwarna gelap setelah itu buang beras, dan ulangi proses yang sama hingga beras benar-benar putih, yang artinya cobek sudah bersih.
  3. Gunakan minyak kelapa, oleskan keseluruh permukaan cobek dan ulekan secara merata, kemudian panggang dengan api kecil hingga mengeluarkan asap, dan berwarna kehitaman.
  4. Cuci dan bilas langsung cobek serta ulekan setiap kali setelah memakai menggunakan air hangat.

Demikian tentang seputar dua sejoli alat penghalus bumbu tradisional yaitu cobek dan ulekan hehehe, Jika ada yang kurang dengan artikel tersebut saya mohon dan bimbinganya untuk berkomentar dikolom komentar yah:) Semoga bermanfaat dan happy cooking:).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top