Jenis Beras
Beras - Foto by Pixabay
 

Jenis Beras – Berbicara tentang beras, ada beberapa macam pilihan beras yang cukup populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Berikut ada 5 macam jenis beras pilihan yang cukup populer di Indonesia.

Beras Putih

Beras yang ada di Indonesia memang sangat beragam, salah satu jenis beras yang biasa dikonsumsi sehari-hari yaitu beras putih. Jenis beras putih yang ada juga memiliki banyak varian pilihan, diantaranya beras yang cukup populer adalah pandan wangi, IR64 atau ramos, IR42, C4, mentik wangi, mentik susu, rojolele dan batang lembang atau beras jepang.

Jenis beras putih memang yang banyak disukai karena hasil nasinya pulen dan enak. Beras putih diperoleh dari padi yang sudah digiling dan dibersihkan hingga warnanya menjadi putih. Tapi sayang, karena melalui proses yang sedemikian rupa, zat gizinya jadi berkurang terutama akan kandungan vitamin B1.

Selengkapnya tentang beras putih DISINI.

Beras Cokelat (Brown Rice)

Beras cokelat ini didapat dari padi yang dihilangkan sekamnya atau kulit padinya saja, tidak melalui proses seperti beras putih. Sehingga tekstur nasinya lebih kasar dan warna cenderung cokelat kusam. Cara memasak beras cokelat hampir sama seperti beras putih, akan tetapi prosesnya lebih lama dan air yang digunakan juga lebih banyak agar hasil dari nasi tidak begitu keras dan pera.

Meskipun beras cokelat tidak semenarik beras putih, tapi kandungan nutrisi dan vitaminnya ternyata lebih banyak. Oleh sebab itu, manfaat dari beras cokelat untuk kesehatan tentu bisa lebih banyak kita dapatkan.

Selengkapnya tentang beras cokelat DISINI.

Beras Merah

Selain jenis beras putih, beras merah juga termasuk beras yang biasa dikonsumsi. Warna beras merah ini didapat dari kandungan gen antosianin. Beras merah memiliki warna antara warna merah gelap dan merah terang.

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak dan kaya akan nutrisi, sehingga cocok bagi kamu yang sedang dalam program diet sehat.

Selengkapnya tentang beras merah DISINI.

Beras Hitam

Beras hitam merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan gizi tinggi dan manfaat yang baik bagi tubuh selain beras merah.

Nasi yang dihasilkan dari beras hitam atau beras terlarang ini memiliki tekstur yang cenderung lebih padat dan gurih. Beras hitam memiliki warna hitam pekat yang berubah menjadi ungu saat dimasak. Warna ungu gelapnya berasal dari kandungan antosianin yang paling banyak dibanding beras warna lain.

Selengkapnya tentang beras hitam DISINI.

Beras Ketan

Secara umum ada dua jenis beras ketan yang dikenal dari warna serta teksturnya, yaitu beras ketan putih dan hitam.

Beras ketan putih ini sering dijadikan kudapan tradisional dan ketan hitam yang sering dijadikan sebagai bubur ataupun tape, berbeda dengan beras biasa yang umumnya dijadikan makanan pokok.

Selengkapnya tentang beras ketan DISINI.

Loading...

Demikian beberapa pilihan jenis beras yang umum ada dipasaran. Pada dasarnya beras yang dikonsumsi baik dan punya manfaat bagi tubuh asal sesuai dengan porsi. Ketahui juga tips memilih beras sebelum membeli, semoga informasi tersebut bermanfaat dan happy cooking:).

Tinggalkan Balasan