Manfaat Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya
 

Manfaat Daun Pepaya – Berbicara tentang daun pepaya, pasti identik dengan rasanya yang pahit. Akan tetapi dibalik kepahitan dari daun pepaya ternyata banyak mengandung khasiat dan juga manfaat untuk kesehatan. Selain itu daun pepaya juga mempunyai manfaat khusus untuk wanita dan seputar kecantikan atau perawatan tubuh. Baca juga: cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit.

Apa Saja Manfaat Daun Pepaya, 8 Diantaranya sebagai berikut:

  1. Mencegah demam berdarah
  2. Anti kanker
  3. Membantu sistem pencernaan
  4. Sebagai anti-aging
  5. Merawat dan menyehatkan kulit serta wajah
  6. Merawat rambut dan mengatasi ketombe
  7. Membantu mengatasi gangguan menstruasi
  8. Mengesatkan Miss V

Kandungan Daun Pepaya

Dibalik rasa pahit dari daun pepaya ini ternyata kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, enzim dan asam amino. Sebaiknya kita cari tahu dulu yuk apa saja kandungan nutrien yang terdapat pada daun pepaya antara lain sebagai berikut:

  • Enzim chymopapain dan papain
  • Acetogenin
  • Vitamin A, B, C, E, dan K
  • dan beberapa jenis Mineral
  • Vitamin B17 dalam kadar tinggi

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan dapat mengobati berbagai macam penyakit

1. Mencegah demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang memiliki gejala umum antara lain seperti munculnya ruam pada kulit, demam, nyeri sendi dan nyeri otot bahkan sakit kepala. Kemungkinan besar anda terserang demam berdarah. Gejala yang paling berbahaya yaitu dikarenakan turunya jumlah trombosit dalam darah hingga menyebabkan pendarahan.

Nah, untuk mendapatkan khasiat dari daun pepaya untuk mencegah demam berdarah yaitu dengan cara mengkonsumsi jus dari daun pepaya, karena dapat membantu meningkatkan dan menormalkan kadar trombosit dengan cepat dikarenakan daun pepaya kaya akan enzim chymopapain dan papain.

2. Anti Kanker

Sebuah studi di Jepang mendapati bahwa sel kanker dapat dimatikan saat seseorang minum ramuan daun pepaya secara rutin setiap hari.

Adanya manfaat dari daun pepaya sebagai anti-kanker diperantarai oleh kandungan komponen yang bernama acetogenin yang ampuh menangkal kanker.

3. Membantu sistem pencernaan

Kandungan enzim chymopapain dan papain dalam daun pepaya berguna untuk mencerna nutrisi seperti protein, karbohidrat dan mineral dari makanan yang dapat membantu berbagai masalah pencernaan seperti kembung, heartburn dan konstipasi.

Baca Juga: Manfaat ketumbar untuk kesehatan

Khasiat daun pepaya untuk kecantikan dan perawatan

4. Sebagai anti-aging

Daun pepaya memiliki lebih dari 50 asam amino yang merupakan bahan kosmetik yang biasa dipakai untuk mempertahankan tampilan seseorang agar terlihat awet muda.

5. Merawat dan menyehatkan kulit serta wajah

Kandungan vitamin yang tinggi pada daun pepaya ternyata dapat mengusir berbagai gangguan kulit seperti jerawat, pigmentasi berlebih dan kerutan.

Selain kandungan vitamin, daun pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa tersebut ampuh menyingkirkan radikal bebas, sehingga aliran darah menuju sel-sel kulit lebih lancar tentunya kulit akan terasa kenyal dan bercahaya untuk itu daun pepaya sangat baik untuk kulit dan juga wajah. kamu bisa menggunakan daun pepaya ini dengan cara dijadikan masker.

6. Merawat rambut dan mengatasi ketombe

Tak hanya menyehatkan, daun pepaya juga dapat membuat rambut lebih berkilau. Selain dapat menyingkirkan kotoran serta minyak berlebih pada rambut, karpain juga dapat menguatkan setiap helai rambut. Aplikasikan masker daun pepaya ke kulit kepala untuk mengatasi ketombe, gatal-gatal, rambut rontok dan berbagai masalah rambut lainnya.

Khasiat daun pepaya untuk wanita

7. Membantu mengatasi gangguan menstruasi

Selain dapat meredakan sakit saat haid, kandungan yang terdapat pada daun pepaya juga mampu menyeimbangkan hormon, sehingga membuat siklus menstruasi lebih lancar dan bebas nyeri.

8. Mengesatkan Miss V

Mengkonsumsi daun pepaya akan membantu anda memiliki Miss V yang bersih dan kesat. Untuk itu sangat penting bagi para istri.

Caranya:

  • Siapkan beberapa helai daun pepaya, kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan air secukupnya.
  • Tumbuk halus adas kemudian tambahkan.
  • Ambil segelas air rebusan dan tambahkan garam secukupnya.
  • Minumlah setiap hari selama sebulan penuh.

Itulah 8 manfaat dari daun pepaya. Baca juga: Resep tumis pepaya muda dan resep tumis daun pepaya.

Efek Samping Daun Pepaya

Selain punya banyak sekali manfaat dari daun pepaya, ternyata kamu juga harus tahu dan hati-hati karena daun pepaya juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan.

  1. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran dan tidak disarankan untuk wanita yang sedang dalam proses program kehamilan, karena akan mempersulit terjadinya proses pembuahan.
  2. Menimbulkan alergi. Enzim papain dapat menimbulkan alergi seperti mata pedas dan hidung berair.

Demikian seputar informasi manfaat dari daun pepaya seperti untuk kesehatan, kecantikan dan perawatan serta efek samping daun pepaya. Semoga bermanfaat dan happy cooking:).

Loading...

Sumber Referensi:// https://www.honestdocs.id/20-manfaat-daun-pepaya-beserta-efek-sampingnya

Tinggalkan Balasan