Resep Tape Ketan Hitam
Tape Ketan Hitam - Foto: [email protected]

Tape Ketan merupakan makanan tradisional berbahan dasar dari beras ketan. Tape ketan juga terdapat beberapa jenis varian resep yang berbeda-beda. Diantaranya yang paling umum adalah dari segi warnanya; jenis tape ketan hitam yang terbuat dari beras ketan hitam dan tape ketan putih atau tape ketan hijau yang terbuat dari jenis beras ketan putih.

Tape ketan mempunyai rasa manis, legit dan aroma khas tape yang menjadi daya tarik tersendiri disetiap suapannya. Tape ketan biasa dijual dan disandingkan bersamaan dengan uli di pasar-pasar tradisional dan biasannya tape ketan juga disuguhkan diberbagai momen spesial atau acara-acara tertentu.

Loading...

Resep Tape Ketan Hitam

Resep cara membuat tape ketan ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Tape ketan merupakan makanan hasil fermentasi yang membutuhkan waktu beberapa hari. Cara membuat tape ketan tentu saja harus dengan resep dan cara yang benar, agar hasil tape tidak asam dan tidak gagal. Tentunya nggak mau kan, hasil dari tape yang kita buat ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Berikut resep tape ketan hitam dan cara membuatnya agar hasilnya manis meski tanpa gula

Waktu Masak: 4 hari
Tingkat Kesulitan: Sedang

Bahan untuk membuat tape ketan hitam:

  • 500 gram beras ketan hitam
  • 2 butir ragi tape
  • Daun pisang, secukupnya

Cara membuat tape ketan hitam

  1. Langkah pertama, cuci terlebih dahulu beras ketan hitam sampai bersih.
  2. Kemudian rendam beras selama semalaman, pada keesokan harinya buang air rendaman dan cuci beras ketan sampai bersih dan tiriskan.
  3. Sambil menunggu beras sedang ditiriskan, jemur ragi tape selama 2 jam. Setelah ragi dijemur, haluskan hingga menjadi bubuk halus, sisihkan.
  4. Panaskan air dalam kukusan, setelah air mendidih masukkan beras ketan hitam yang sudah direndam dan kukus hingga matang.
  5. Setelah matang, pindahkan ketan hitam dalam wadah lebar atau nampan, diamkan sampai dingin. Ratakan untuk mempercepat proses pendinginan.
  6. Setelah dingin, taburkan ragi tape yang sudah dihaluskan menggunakan ayakan ke atas permukaan ketan hitam, aduk sampai ragi tercampur secara merata bersama ketan hitam.
  7. Letakkan potongan daun pisang yang sudah dibersihkan ke dalam sisi toples atau panci.
  8. Pindahkan ketan yang sudah dicampur dengan ragi ke dalam panci atau toples yang sudah dilapisi daun pisang. Pastikan ketan tertutup dengan lapisan daun pisang disetiap sisi. Kemudian tutup kembali dengan tutup panci atau toples.
  9. Diamkan ketan hitam yang sudah dibungkus ditempat yang sejuk selama 3 hari.
  10. Selanjutnya, tape ketan hitam sudah siap untuk dinikmati.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat proses pembuatan tape ketan agar tidak gagal, berikut caranya.

Tips Membuat Tape Agar Tidak Gagal

  • Pastikan tangan sudah bersih.
  • Jangan menyentuh ragi secara langsung dengan tangan.
  • Gunakan ragi sesuai takaran.
  • Pastikan peralatan yang akan digunakan untuk membungkus benar-benar sudah bersih dan kering.
  • dan Ketan yang sudah dibungkus, pastikan sudah tertutup dengan rapat.

Demikian resep cara membuat tape ketan hitam sendiri di rumah. Semoga dengan cara ini, rasa tape manis alami dan juga enak meski tanpa gula.

Selain disajikan langsung, tape ketan pun bisa diolah menjadi makanan seperti kue atau bisa juga dijadikan minuman segar seperti es tape ketan atau dicampur dengan Ice cream yang yummy!!! Happy cooking:).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini