You cannot copy content of this page

Tips Memasak Jengkol

Tips Dan Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Tips Dan Cara memasak Jengkol Agar Tidak Bau – Jengkol merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi sebuah masakan yang enak dan super lezat. Selain dijadikan bahan makanan, jengkol mentah juga digunakan sebagai lalapan oleh para pecinta lalap untuk menyantap sebuah hidangan sambal bersama dengan nasi.

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit juga harus benar, karena jengkol memiliki aroma bau. Namun disamping itu, jengkol menjadi salah satu ciri khas dan memiliki cukup banyak penggemar dibidang kuliner lho:) Kelezatan dari hidangan jengkol memang tidak diragukan lagi dan mampu membuat lidah kamu ketagihan, seperti Resep Jengkol Balado lezat dan mantap yang sudah pernah dibagikan.

Namun bagaimana cara mengolah jengkol yang masih mentah, tidak berbau dan menjadi lebih enak dan nikmat tanpa bau apapun serta lebih cepat empuk? Rupanya dalam memasak, tidak hanya resep yang menjadi unggulan saja, akan tetapi proses pengolahan bahan dan bumbu masakan pun harus sangat diperhatikan. Seperti halnya dalam proses pengolahan jengkol itu sangat menentukan kelezatannya.
Tips Memasak Jengkol

Loading...

Tips Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Lalu bagaimana cara mengolah jengkol yang lezat dan tips memasak jengkol agar tidak bau? Simak di bawah ini ulasan terbaik tips memasak jengkol agar tidak bau.

Memilih jengkol

Tips yang pertama adalah dengan memilih kualitas bahan jengkol terbaik dan jengkol yang sudah tua. Agar mendapatkan rasa jengkol yang istimewa dibandingkan dengan jengkol yang masih muda.

Merendam jengkol

Agar jengkol tidak bau, proses perendaman jengkol juga diperlukan yaitu dengan cara merendam jengkol semalaman agar baunya benar-benar hilang. Kamu bisa menggunakan air es atau air dingin, bisa juga menggunakan air yang diberi kapur sirih, selain itu juga bisa menggunakan air cucian beras.

Mencuci Jengkol

Tips selanjutnya yaitu dengan cara mencuci jengkol sampai bersih menggunakan air mengalir. Lapisan tipis kulit jengkol harus terkelupas semua tanpa adanya kulit yang tersisa.

Merebus jengkol

Setelah proses pencucian, langkah selanjutnya yaitu dengan merebus jengkol untuk menetralisir bau menggunakan bahan-bahan tertentu. Kamu bisa menggunakan bahan daun jeruk purut dengan cara menambahkan irisan daun jeruk purut ke dalam rebusan jengkol.

Teknik merebus jengkol agar empuk

Untuk hasil rebusan jengkol supaya lebih empuk dan lunak, kamu bisa menambahkan daun jambu biji kedalam rebusan jengkol. Selanjutnya gunakan api sedang dan pada saat proses perebusan, jangan merebus jengkol terlalu matang, supaya tidak hancur saat dipipih.

Proses akhir atau penyelesaian memasak jengkol yang tepat

Untuk tips terakhir yaitu dengan memipihkan jengkol sebelum dimasak agar bumbu meresap kedalam hidangan jengkol dan menambah kelezatan masakan. Jika semua proses diatas sudah selesai, bahan jengkol siap diolah sesuai dengan keinginan dan selera kamu.

Cara ampuh mengatasi bau mulut karena jengkol

Untuk mengatasi bau mulut karena mengkonsumsi jengkol walaupun sudah diolah, akan tetapi akan meninggalkan bau mulut yang tidak sedap. Minumlah sedikit kopi tanpa gula, karena aroma wangi kopi bisa membuat bau jengkol pada mulut hilang atau kamu bisa juga memakan sedikit beras (ini cara yang biasa saya lakukan setelah mengkonsumsi jengkol di rumah agar mulut tidak bau).

Demikian tips memasak jengkol agar tidak bau yang bisa kamu coba dan praktekkan di rumah. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat dan happy cooking:)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top