You cannot copy content of this page

Tips Memasak Ayam Kampung Agar Tidak Alot Dan Keras

Tips Memasak Ayam Kampung – Ayam merupakan protein yang paling sering diolah menjadi berbagai menu resep masakan. Salah satu jenis ayam yang digunakan yaitu Ayam Kampung. Lalu bagaimana cara memasak ayam kampung agar dagingnya empuk dan lembut? Berikut penjelasan yang sederhana tentang ayam kampung.

Kelebihan dan keunggulan ayam kampung untuk dimasak

Baca juga: Resep Ayam Rica Rica

Kenapa lebih memilih ayam kampung untuk dijadikan bahan menu masakan dibanding ayam jenis lainya seperti ayam boiler atau ayam negeri?

Loading...
  1. Pengembang-biakan secara alami. Proses beternak ayam kampung tidak menggunakan bahan dan jenis obat-obatan tertentu pada pakan ayam, sehingga tidak adanya campuran bahan-bahan kimia.
  2. Daging ayam kampung lebih sehat. Dikarenakan tidak adanya kandungan kimia jelas lebih sehat. Daging ayam kampung mengandung protein juga vitamin, disamping itu juga rendah akan kandungan lemak dan kolesterol.
  3. Berguna sebagai antibodi, jika mengkonsumsi daging ayam kampung dengan takaran yang pas. Selain itu juga dapat merawat dan menjaga masa pertumbuhan otot.
  4. Rasa daging ayam kampung lebih gurih dan lezat dibandingkan ayam negeri.

Kekurangan daging ayam kampung untuk dimasak

  • Meski memiliki kelebihan dan keunggulan, daging ayam kampung juga memiki tingkat kesulitan pada saat dimasak.
  • Memiliki tekstur daging yang lebih keras dan sedikit lebih alot.
  • Memiliki tekstur tulang yang lebih besar dan panjang.
  • Memiliki bobot badan yang lebih kurus atau ramping.

Tips memilih daging ayam kampung untuk diolah atau dimasak

Berikut ini ada beberapa cara dan tips pada saat memilih ayam kampung untuk dimasak agar hasil dari olahan daging lebih nikmat.

  1. Memilih daging ayam kampung, pilihlah daging yang masih segar dan tidak memar (tidak memiliki memar biru pada seluruh badan ayam).
  2. Mencium aroma ayam, jangan memilih ayam yang memiliki aroma bau menyengat. Bisa jadi ayam tersebut adalah ayam busuk.
  3. Warna pada ayam, pilihlah daging ayam yang memiliki warna putih kekuningan.
  4. Mencuci ayam, cucilah sampai bersih daging ayam segera setelah membelinya. Supaya pada saat memasak tidak beraroma bau yang tidak sedap.
  5. Menyimpan daging ayam, jika daging ingin disimpan, cuci bersih kemudian bungkus dengan menggunakan plastic wrap dan tempatkan pada wadah kedap udara, masukkan dalam freezer.

Tips memasak ayam kampung agar dagingnya empuk dan lembut

Tips Memasak Ayam Kampung Agar Tidak Alot Dan Keras
Bagaimana cara memasak ayam kampung supaya empuk? nah, buat kamu yang mau memasak daging ayam kampung yang empuk agar tidak alot ataupun keras. Dapurmamake.com punya cara yang khusus buat kamu. simak caranya berikut ini:

Baca juga: Resep Ayam Goreng

1. Memilih ayam kampung yang masih muda

Selain proses memasak yang lebih cepat menggunakan daging ayam kampung yang masih muda, hasil olahan atau masakan pun jadi empuk, lebih gurih dan juga lebih lezat.

2. Memukul daging ayam dan rendam dengan bumbu

Cara ini bisa dilakukan dengan cara memukul-mukul daging ayam kemudian rendam dengan bumbu pilihan selama beberapa jam, baru kemudian dimasak.

3. Merebus dengan panci presto

Cara lain yang bisa anda lakukan agar daging ayam kampung empuk yaitu dengan cara merebus menggunakan panci presto. Rebuslah sebentar kurang lebih 10 menit dari mulai berbunyi dan jangan terlalu lama, bisa-bisa daging ayam malah akan hancur.

4. Cara melunakkan daging ayam tanpa presto

Untuk tips agar daging ayam kampung empuk, kamu juga bisa merebus tanpa presto. Yaitu merebus dengan bahan-bahan alami.

  • Pepaya muda atau mentah: Potong pepaya mentah dan cuci bersih, lalu rebus ayam kampung dengan potongan pepaya mentah tersebut kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat dan siap untuk diolah. Cara ini berguna sekali agar ayam empuk.
  • Air kelapa: Merebus ayam kampung menggunakan air kelapa, akan membuatnya lebih mudah empuk dan lunak serta menambah cita rasa lebih gurih dan nikmat.
  • Tebu: Selain pepaya muda dan air kelapa, kamu juga bisa memanfaatkan tebu agar ayam kampung empuk. Caranya, kamu bisa menambahkan potongan tebu kedalam rebusan ayam. Dijamin pasti daging ayam kampung akan empuk.

Baca juga: Resep Ayam Kecap

Demikian cara dan tips memasak ayam kampung agar tidak alot dan keras. Semoga bermanfaat dan happy cooking:).

Loading...

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top